IMG_0170

Untuk pertama kalinya saya membeli barang berbau kpop sejak saya menyukai kpop 5-6 tahun yang lalu, dan yang saya beli bukan album, melainkan photo essay. Alasan saya membeli buku ini adalah karena ini merupakan terobosan baru di dunia hiburan korea. Jika kebanyakan boygroup/girlgroup mengeluarkan album dan photo book yang berisi foto-foto mereka, buku ini menyajikan hasil jepretan L, member boygroup Infinite.

L’s Bravo Viewtiful terdengar janggal untuk orang-orang yang mengerti bahasa Inggris, terutama kata viewtiful-nya. Menurut Woolim Ent., viewtiful diartikan sebagai viewfinder+beautiful. Ternyata kata tersebut menjadi ikon L. Buku yang harganya 20.000 KRW ini berisi foto-foto yang diambil oleh L dalam waktu 93 hari. Kenapa 93 hari? Mungkin karena L lahir di tahun 1993. Selain buku yang covernya serba hitam sesuai dengan warna favorit L, terdapat bonus dvd making, poster, 7 postcards, dan notebook yang didalamnya diselipkan foto-foto L.

Buku ini berisi lebih dari 200 halaman full color. Kertas yang digunakan berukuran A5 dengan kualitas seperti majalah, tetapi agak tebal dan doff (tidak mengkilat). Sedangkan covernya menggunakan kertas linen/concord tebal warna hitam. Yang paling saya suka dari buku ini adalah foto-foto yang disajikan cukup bagus untuk kategori fotografer pemula. Foto-foto yang saya suka tentu saja foto-foto pemandanan alam.

IMG_0193

Sayangnya semua kalimat yang ditulis L dalam hangul semua, seharusnya Woolim juga menyajikan buku ini dalam versi internasional (bahassa Inggris) selain versi korea dan Jepang.

