Liburan lebaran kali ini rencananya saya dan 2 orang teman saya akan berlibur di tiga negara ala backpacker, alias budget mini pengalaman maxi. Rencananya kami akan mengembara selama 8 hari 7 malam. Sebenarnya pemilihan jadwal di hari-hari sebelum atau sesudah lebaran itu adalah kesalahan besar karena harga tiket dsb akan lebih mahal. Tetapi berhubung kami harus bekerja dan ada satu dari kami yang masih sekolah, akhirnya kami memilih liburan lebaran sebagai tanggal yang tepat, tepatnya sebelum lebaran. Sedikit merasa tidak enak karena kami harus merelakan puasa kami untuk travelling, tapi ini adalah perjalanan once in a lifetime, jadi harus ikhlas.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum bepergian adalah perencanaan yang matang. Mulai dari tiket, hotel, makan, oleh-oleh, jadwal perjalanan, barang-barang apa yang harus dibawa harus diperkirakan sebelumnya. Kebetulan kami mulai tersirat untuk bepergian karena ada promo tiket murah dari Air Asia, jadi kami memesan tiket jauh sebelum perjalanan, sekitar Oktober 2012, dan terbang Agustus 2013. Kami mendapatkan harga 536.500 IDR perorang untuk tujuan Surabaya-Bangkok (Don Muang Airport). Untuk pulangnya kami mengambil rute Singapore-Jakarta dengan pesawat Batavia Air yang ternyata pailit, dan kami harus kehilangan 567.000 IDR per orang. Sangat disayangkan. Akhirnya kami pesan tiket Singapore-Surabaya di Tiger Airlines dengan harga 480 SGD untuk 3 orang, cukup mahal dari perkiraan.

Setelah tiket pesawat dipesan, saya mulai mencari literatur di internet tentang tempat-tempat yang harus dikunjungi di Thailand, Malaysia, dan Singapore. Kebanyakan yang saya baca adalah blog-blog yang menulis tentang pengalaman mereka backpacker ke tiga negara tersebut. Penting pula dipahami tentang transportasi di masing-masing negara agar tidak tersesat nantinya. Membaca peta itu penting, baik peta kota beserta titik-titik tujuan wisatanya maupun peta transportasinya. Peta ini juga berguna ketika tersesat, dan semoga tidak kejadian.

thailand - bts-mrtthailand -mrt mapBangkok Transportation Map

singapore - mrt lrtSingapore Transportation Map

kuala lumpur - KLtransitKuala Lumpur Transportation Map

Berhubung kami juga berencana ke Phuket, kota di Thailand yang terkenal dengan pantainya, dan Phi Phi Island yang terkenal karena The Beach yang dibintangi Leonardo Di Caprio, literatur yang harus dibaca adalah website ini http://www.seat61.com/Malaysia.htm Jadi rencananya kami akan bepergian melewati Bangkok, Phuket, Kuala lumpur, dan Singapore lewat jalur darat.

Setelah transportasi selesai, saatnya membuat jadwal perjalanan yang berisi tempat-tempat mana saja yang akan kami kunjungi. Berikut adalah jadwal yang saya buat setelah beberapa kali revisi, jam dan harga bisa berubah sewaktu-waktu.schedule

Setelah jadwal berhasil dibuat, dapat diketahui titik-titik dimana kami harus menginap. Kemudian langkah selanjutnya adalah mencari hotel di tempat-tempat tersebut. Berhubung banyak yang menyarankan untuk mencari hotel di http://www.agoda.web.id/ karena lebih murah dan cepat prosesnya. Dan inilah hotel-hotel yang menjadi pilihan saya.

d1d2d3d4

Dan ternyata saya mengalami kendala dalam hal pembayaran, karena saya tidak mempunyai kartu kredit maupun paypal. Akhirnya saya mencari di internet cara pesan hotel di agoda tanpa kartu kredit. Ternyata banyak pihak yang menawarkan jasa pemesanan ini tanpa menaikkan harga, jadi harus selektif memilih pihak mana yang bisa dipercaya. Setelah baca testimoni di website mereka, saya memilih salah satu pihak yang testimoninya paling banyak dan baik-baik. Kemudian saya hubungi kontak yang ada di web tersebut dan mendapat balasan dengan cepat. Akhirnya saya mendapat email voucher untuk hotel-hotel yang saya pesan. Total untuk penginapan ini adalah 464.000 IDR per orang untuk 4 malam.

Untuk 3 malam lainnya akan kami habiskan di kereta atau bus dari Bangkok-Phuket, Phuket-Kuala Lumpur, dan Kuala Lumpur-Singapore. Sebenarnya tiket kereta ini juga bisa dipesan secara online di http://www.ktmb.com.my/ tapi berhubung sekali lagi saya tidak punya kartu kredit maka saya memilih langsung beli di stasiun saja, tapi tentu saja kami sudah berbekal jadwal kereta yang saya lihat dari http://www.seat61.com/Malaysia.htm.

Transportasi utama (pesawat) dan penginapan sudah berhasil kami dapatkan. Langkah selanjutnya adalah menghitung transportasi sekunder ketika kita berada di negara-negara tersebut. Dari sinilah saya bisa memperkirakan berapa banyak mata uang Bath, Ringgit, dan Singapore Dollar yang diperlukan untuk keperluan transportasi, makan, dan oleh-oleh. Dan saya berencana membeli mata uang ini sebelum memasuki bulan Ramadhan, karena kemungkinan akan lebih mahal di bulan tersebut.

Setelah persiapan penting di atas sudah selesai, kami harus mempersiapkan barang-barang apa yang harus kami bawa untuk travelling.

1. Universal Adaptor

Colokan universal yang bisa digunakan di berbagai negara ini sangat penting karena tidak semua negara memiliki colokan dua seperti indonesia, terutama di Singapore, karena mereka menggunakan colokan tiga. Benda ini penting karena kita tidak akan bisa mengisi daya untuk baterai kamera atau handphone di Singapore tanpa benda ini.

universal_adapter_universal_adaptor_universal_travel_adapter

2. Handphone

Merupakan barang wajib yang tidak bisa dipisahkan dari kita. Meskipun hp tidak terlalu berguna karena kita akan malas sms atau telepon ke Indonesia karena mahal, tetapi sekarang sudah ada whats app, line, kakao talk, we chat, dll yang memungkinkan kita komunikasi dengan orang di negara lain dengan gratis, asalkan ada wifi di tempat kita berada. Jadi bagi mereka yang hobi upload foto atau update status tentu tidak akan melewatkan benda ini.

3. Digital Camera

Tentu saja liburan jadi kurang menarik kalau kita tidak membawa kamera. Kamera yang sesuai untuk backpacker adalah kamera digital, karena akan sangat merepotkan kalau kita harus membawa DSLR, yang sedang populer saat ini, kemana-mana. Selain itu ada resiko rusak atau hilang. jadi lebih baik membawa pocket camera yang praktis disaku.

4. Backpack/tas ransel

Mungkin terdengar sepele, namun backpack yang nyaman dengan bantalan di bagian bahu akan sangat membantu ketika kita harus berjalan kaki dengan rute yang jauh. Tidak perlu terlalu besar seperti yang digunakan pendaki gunung, cukup dengan ukuran 1.5 liter saja. Persiapkan pula pelindung hujan untuk backpack, karena cuaca sewaktu-waktu bia berubah.

5. Tas kecil selempangan

Barang ini dibutuhkan jika kita tidak ingin menenteng backpack sambil jalan-jalan, dan kalau kita mempunyai kesempatan untuk menitipkan backpack di hotel. Tas ini harus mampu menampung dompet, handphone, kamera, dan mukena.

6. Isi dalam tas

Passport, print out tiket dan voucher, peta, buku catatan kecil dan alat tulis, perlengkapan sholat, mandi, tidur, kaos, celana, jaket, topi, sandal, sepatu kets dan kaos kaki, serta makanan ringan untuk pengganjal perut kalau sewaktu-waktu susah mencari makanan halal, diusahakan barang-barang tersebut setengah atau dua per tiga isi backpack, kalau tidak kita akan memerlukan tas tambahan untuk oleh-oleh.

7. Belajar bahasa asing

Tentu saja Bahasa Inggris adalah yang utama untuk komunikasi di Singapore dan Malaysia. Belajar Bahasa Thailand juga perlu, paling tidak salam dan perkenalan, agar mempunyai kesan bersahabat, siapa tahu berguna ketika tawar menawar di pasar.

Setelah semua persiapan selesai, tinggal mengucapkan Bismillaahirrakhmaanirrakhiim

Advertisements